BGS 17 Agustus 2021

Mengatasi smoke detector aktif false alarm

Terjadinya smoke detector aktif yang mengakibatkan alarm pada sistem MCFA bisa dipicu oleh adanya asap atau debu. Asap yang terdeteksi bisa dari benda terbakar yang memang menjadi sumber kebakaran, asap rokok atau asap lainnya.
Apabila tidak ada asap karena api biasa orang-orang menyebut false alarm, ini kadang terjadi karena daerah yang terpasang smoke detector merupakan tempat yang cukup berdebu, sehingga memicu detector menjadi aktif padaha tidak ada asap. Untuk menghindari terjadinya false alarm pada sistem MCFA, salah satunya adalah membersihkan smoke detector dengan membuka cover tutup sensor lalu dibersihkan.
Gambar diatas adalah bagian dari smoke detector, tutup cover adalah 2 benda paling atas dari gambar tersebut yaitu yang berbentuk bulat berwarna putih dan hitam, dapat dibuka pada saat akan dibersihkan. Apabila membuka smoke detector bersama dengan modulnya, sehingga meninggalkan dudukannya seperti gambar dibawah, maka sistem MCFA akan trouble.
Gambar diatas adalah tempat dudukan smoke detector terdapat kabel instalasinya, untuk membuka dan memasang smoke detector dapat diputar pada slot dudukan tersebut. Setelah smoke detector dibersihkan dan dipasang lagi, system MCFA bisa dilakukan reset agar kembali normal.
False alarm terjadi bukan hanya karena smoke detector yang kotor, bisa saja karena hal lain seperti kerusakan pada modul, short circuit, dan lainnya. Apabila terjadi oleh sebab tersebut tentu saja harus diperbaiki atau lebih mudahnya diganti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. Silahkan berikan saran dan pertanyaan di kolom berikut ini.