BGS 22 Oktober 2021

Memperbaiki modulator MATV yang mati

Pada suatu sistem MATV terdapat perangkat modulator yang berfungsi untuk menjadikan suatu sinyal dapat membawa suatu informasi. Pada pembahasan ini yang terjadi tidak ada informasi atau siaran TV channel yang tampil pada pesawat TV.  Setelah ditelusuri perangkat modulator rusak atau mati, yang bisa diakibatkan oleh short circuit karena berbagai hal dari over heat atau sambaran petir dan hal lainnya.
Bagian yang sering terjadi kerusakan adalah bagian power supply, bisa dilihat dari komponen yang tidak normal dan juga pengukuran untuk memeriksa komponen yang rusak.
Penggantian komponen yang sama hasilnya akan lebih baik atau sama dengan kondisi sebelumnya, namun kadang dipasaran tidak ada. 
Cara lainnya mengganti semua bagian power supply, disini contohnya menggunakan power supply murah dengan jenis yang berbeda yaitu bagian power supply dengan jenis adaptor yang langsung terdapat steker.
Yang perlu diperhatikan adalah output tegangan harus sama, disini terdapat power supply yang menggunakan tegangan 5V dan 12V untuk arus sekitar 1A sampai 1.5A
Setelah dilakukan penggantian power supply modulator bisa beroperasi kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. Silahkan berikan saran dan pertanyaan di kolom berikut ini.