BGS 10 April 2024

Memperbaiki delay timer Autonics ATE1-10S

Pada postingan kali ini kita akan mengulas tentang pengatur waktu tunda atau delay timer yang biasanya terdapat pada rangkaian panel pompa untuk mengatur perpindahan star delta, namun bisa saja delay timer ini difungsikan pada rangkaian lainnya.

Permasalahan

Ulasan utama pada postingan ini adalah memperbaiki delay timer Autonics ATE1-10S, yang bermasalah karena tidak berfungsinya rangkaian panel pompa star delta. Dan setelah dibongkar dan dianalisa telah terjadi short circuit dengan terbakarnya jalur PCB pada perangkat delay timer tersebut. Penyebabnya bisa saja karena komponen yang sudah usang, atau karena pemakaian dari perangkat tersebut yang terlalu seringnya menghantarkan arus untuk memindahkan fungsi kontak (disini berfungsi sebagai pemindah dari star ke delta pada pompa) sehingga terjadi percikan atau lonjakan arus listrik berlebih yang membuat jalur PCB terbakar.

Solusi

Kita bersihkan dulu bekas terbakarnya PCB yang gosong agar terlihat apakah ada komponen yang juga terbakar, juga jalur yang terputus. Pada permasalahan kali ini hanya terlihat jalur saja yang terputus, maka kita sambungkan kembali jalur PCB yang terputus dengan membuat jumper menggunakan kabel secukupnya. Pastikan kita mengetahui fungsi dari setiap kaki pada perangkat delay timer tersebut. Lalu setelah selesai kita coba berikan sumber listrik apakah berfungsi normal kembali.

Perbaikan ini sebaiknya hanya sementara saja, lebih baik diganti seperangkat bila terlalu banyak kerusakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. Silahkan berikan saran dan pertanyaan di kolom berikut ini.