BGS 17 Juni 2012

Telepon sebagai alat telekomunikasi

Telekomunikasi berasal dari dua kata, yaitu tele yang berarti jauh dan komunikasi yang berarti bertukar informasi. Telekomunikasi berarti bertukar informasi jarak jauh, dan salah satu caranya adalah menggunakan telepon. 

1.    Sistem telekomunikasi
Ada tiga sub-sistem yang harus ada dalam membentuk system telekomunikasi, yaitu :
1.    Network (jaringan) telekomunikasi
2.    Jaringan akses/ instalasi kabel
3.    Terminal

2.    Elemen network telekomunikasi
Elemen-elemen atau dasar-dasar network telekomunikasi terdapat banyak sekali dan yang terpenting diantaranya adalah sentral atau switching dan kanal transmisi (transmission channel) atau saluran pemancar.
Jenis-jenis sentral meliputi :
1.    Sentral lokal
2.    Sentral tandem
3.    Sentral trunk (SLJJ)
4.    Sentral gerbang internasional (SLI)
Fungsi dari sentral meliputi :
1.    Sentral telepon untuk komunikasi suara.
2.    Sentral telex untuk komunikasi telex/ telegram.
3.    Sentral data/ Data-switch/ Digital Cross Connect untuk komunikasi data.
Kanal/ saluran transmisi dapat berupa Fiber-Optik, Radio-Microwave, komunikasi satelit atau campurannya. Kanal transmisi adalah yang menghubungkan sentral-sentral tadi, sehingga terbentuklah suatu network telekomunikasi.

3.    Jaringan akses dan instalasi kabel
Jaringan akses adalah jaringan yang menghubungkan terminal milik pribadi dengan sentral lokal milik Telkom. Jaringan akses ini dapat berupa kabel tembaga (Pair-Kabel), Fiber-Optik atau Radio (wireless in the local loop).
Instalasi Kabel Rumah/ Gedung (IKR/G) adalah instalasi dari titik input Kotak Terminal Batas (KTB) atau panel incoming-outgoing sampai menyebar keberbagai ruangan didalam rumah/ gedung. Sejak 1996 pemerintah meliberalisasi IKR/G bukan wewenang dari Telkom untuk memasang/ memlihara/ memperbaiki tapi secara pribadi atau insatalatur yang berperan.
Dengan kebijakan pemerintah maka pemakai pribadi berhak sepenuhnya terhadap instalasi dalam bangunannya, termasuk dalam pemeliharaan dan perbaikan tanpa harus melapor duku ke Telkom (bagi yang mampu/ menguasai).

4.    Telepon
Telepon adalah alat telekomunikasi interaktif antar manusia yang dapat mengirimkan pembicaraan melalui sinyal listrik yang membawa frekuensi audio yang digunakan pada tempat berbeda dan pada waktu bersamaan secara langsung.
Pada umumnya penemu telepon adalah Alexander Graham Bell, dengan telepon pertama dibuat di Boston, Massachusetts, pada tahun 1876. Tetapi, penemu Italia Antonio Meucci telah menciptakan telepon pada tahun 1849, dan pada September 2001, Meucci dengan resmi diterima sebagai pencipta telepon oleh kongres Amerika, dan bukan Alexander Graham Bell.
Berikut ini adalah alat- alat komunikasi lainnya, yaitu :
1.    Internet
Secara harfiah internet kependekan dari kata “inter-network” ialah rangkaian komputer yang terhubung menelusuri beberapa rangkaian. Dimana Internet (huruf “I” besar) ialah sistem komputer umum, yang terhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking. Caranya buka browser dan kutipkan alamat website yang dicari di kotak (Address) lalu mulai memakainya, fungsinya bisa mencari semua informasi, hiburan, maupun berita aktual dan lainnya yang lebih praktis untuk mencari informasi dibandingkan dengan buku.
2.    Fax
Suatu mekanisme untuk mengirimkan dokumen melalui Internet (yang berbasis IP), cara menggunakannya tekan nomor fax yang dituju untuk mengirim dokumen dari satu tempat ke tempat lainnya.
3.    Telex
Adalah suatu jenis telekomunikasi tertulis menggunakan pesawat teleprinter, baik pengirim maupun penerima informasi. Dikirim dengan cara mengetik pada keyboard teleprinter, komunikasi dapat dilakukan searah maupun dua arah.
4.    Pager
Pager adalah alat panggil seperti handphone namun lebih praktis dikarenakan pager tidak memiliki fasilitas lainnya selain SMS (Sort Message Service). Dengan cara menekan nomor pager yang dituju lalu ketik yang ingin dikatakan pada yang dikirimkan.
5.    Push to talk
Alat bicara yang ukurannya kecil biasa disebut Handy Talkie (HT), pembicara yang memakainya harus bergantian dengan lawan bicaranya, bisa dipakai untuk banyak orang namun orang-orang yang memakainya harus berbicara secara bergantian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. Silahkan berikan saran dan pertanyaan di kolom berikut ini.