BGS 09 Agustus 2022

Memperbaiki seal master rem depan Scoopy

Kali ini ada masalah mengenai rem depan Honda Scoopy keluaran awal "lupa tahun berapa?". Permasalahannya adalah rem depan tidak balik lagi membuka, jadi posisinya mengerem terus walaupun tidak sampai mengunci putaran. Namun hal ini akan membuat kampas rem cepat habis dan laju kendaraan menjadi berat, sehingga menimbulkan efek lainnya seperti boros bensin dan tidak bertenaga.

Pada tulisan ini yang saya ceritakan hanya sedikit melakukan pemeriksaan dan perbaikan kecil, jadi belum menyelesaikan masalah ini hingga normal kembali. Karena perlu beberapa alat & bahan bila ingin kembali untuk perbaikan lebih lanjut.

Yang saya lakukan disini hanya untuk mengembalikan posisi tuas rem yang tidak balik lagi ke posisi membuka. Karena setelah diperiksa seal master rem posisinya masuk kedalam, sehingga tidak balik lagi keluar "harap dimaklum usia kendaraan perlu peremajaan".

Hal yang saya lakukan adalah membuka tuas rem terlebih dahulu dan coba menarik seal master rem yang masuk kedalam, namun tidak berhasil.

Lalu coba membuka tutup minyak master rem, coba menarik kembali seal master rem, dan berhasil keluar.

Setelah itu coba membuang udara disaluran minyak rem dengan memompa tuas rem sambil membuka baut yang ada di kaliper rem atau biasanya proses ini disebut bleeding, namun tidak sampai menguras minyak rem.

Setelah dirasa cukup padat, cukup dua kali memompa tuas rem dan seal master rem juga tidak nyangkut masuk kedalam terus. Saya menutup kembali tutup minyak rem seperti semula, tidak penggantian atau penambahan minyak rem karena belum membeli bahan-bahan dan juga tampak masih cukup.

Untuk jangka pendek rem bisa digunakan lagi walaupun sudah jelas bagian ini minta diganti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. Silahkan berikan saran dan pertanyaan di kolom berikut ini.