BGS 19 Maret 2014

Operator Console

Operator Console memiliki kontrol dan layar peraga untuk mengawasi dan mengkoordinasikan fungsi-fungsinya yang beraneka ragam. Operator console bekerja dengan sumber daya dari PABX, tidak memerlukan sumber daya terpisah.

Sistem PABX mencakup operator console dengan feature/fasilitas antara lain :

1. Operator Console Traffic Handling Capability
- Prinsip operasi console dalam menangani panggilan-panggilan masuk dan meng-hold panggilan pada console.
- Jumlah maksimum pembicaraan yang dapat di-hold operator pada tiap console pada satu waktu.
- Apakah hubungan operator dengan panggilan masuk terputus :
- Ketika panggilan masuk tersebut dialihkan ke saluran cabang yang sibuk.
- Ketika panggilan masuk tersebut dialihkan ke saluran cabang yang bebas.
- Penyaluran panggilan-panggilan yang masuk ke console yang berbeda (dengan menggunakan prinsip panggilan yang telah menunggu paling lama ke operator pertama yang bebas, dan sebagainya).

2. Abbrevited Dialling
Operator dilengkapi dengan fasilitas untuk menghubungi nomornomor tertentu yang sering dihubunginya dengan hanya memutar 2 sampai 8 angka saja yang nantinya oleh Sistem PABX akan diterjemahkan ke nomor sambungan dengan jumlah yang lebih banyak.

3. Alarm Display (Minor and Major)
Operator console dilengkapi dengan 2 petunjuk alarm yaitu, MINOR dan MAJOR. Petunjuk alarm MINOR, ketika menyala menunjukkan sistem telah mendeteksi adanya kegagalan pada fungsi sistem yang tidak akan mempengaruhi kerja sistem secara keseluruhan dengan serius petunjuk alarm MAJOR disebabkan oleh sistem mendeteksi adanya suatu kegagalan yang mempengaruhi operasi sistem secara keseluruhan.

4. Alpha Numeric Display
Operator console dilengkapi dengan layar untuk memperagakan karakter-karakter alpha numeric sehingga operator dapat mengetahui jenis panggilan (internal/eksternal) yang masuk, nama pemakai dan nomor sambungan sumber panggilan masuk internal.

5. Attendant Alternative Answering
Feature ini memungkinkan sebuah pesawat telepon alternative berfungsi sebagai back-up operator. Panggilan masuk yang ditujukan untuk operator dan tidak dijawab dalam jangka waktu tertentu akan dialihkan ke pesawat telepon tersebut.

6. Attendant Busy Override
Operator memiliki fasilitas untuk masuk kedalam pembicaraan yang sedang berlangsung. Sebelum operator masuk, semua pihak yang terlibat pembicaraan yang sedang berlangsung akan mendengar nada peringatan.

7. Attendant Calls Waiting Indication
Sistem PABX mampu menempatkan panggilan-panggilan masuk (internal maupun eksternal) dalam antrian dan memperagakan informasi tentang jumlah panggilan dalam layar ini pada layar console.

8. Attendant Jacks
Operator console dilengkapi jack untuk peralatan headset pada sebelah kiri atau kanan console. Ini memungkinkan operator untuk bekerja dengan lebih efisien. Juga memungkinkan seorang pengawas mendengarkan pembicaraan telepon guna mengetahui performance operator.

9. Attendant Time Dsiplay
Operator console dilengkapi dengan jam digital yang menampilkan informasi waktu dalam jam maupun menit secara terus-menerus. Waktu ditampilkan dalam mode 12 jam atau 24 jam dan dapat diubah melalui console.

10. Busy Vertification of Extension Lines
Operator memiliki fasilitas untuk menkonfirmasikan bahwa suatu saluran memang sedang dipakai dan bekerja dengan baik, dengan membentuk hubungan ke saluran tersebut. Sebelum disambungkan operator, nada peringatan akan dimasukkan ke pembicaraan.

11. Testing of Serviceability of Operator Console
lampu indikator dan operator test transmisi untuk operator console

12. Attendant Call Forward Set Up and Cancel
Feature ini memungkinkan seorang operator untuk menentukan, meninjau dan membatalkan kondisi "forward" pada setiap saluran cabang.

13. Attendant Camp On With Indication
PABX memungkinkan seorang operator menghubungkan panggilan masuk ke saluran cabang yang sibuk untuk penyambungan otomatis bila pesawat yang sibuk itu telah normal. Bila suatu panggilan ditinggalkan sementara ke suatu saluran cabang, saluran cabang yang dipanggil hanya akan mendengar nada peringatan. Panggilan yang tidak dijawab untuk waktu tertentu akan dihubungkan kembali ke operator.

14. Attendant Headsets
operator console dilengkapi dengan light weight headset dengan microphone dari jenis elektro dinamik atau capacitance serta solid state amplifier yang terpasang.

15. Attendant Individual Trunk Access
PABX mempunyai fasilitas untuk memungkinkan operator mengakses setiap saluran induk atau tie-line pada Sistem PABX untuk melakukan uji nada pilih atau untuk melakukan penggilan keluar.

16. Attendant Lock-Out
Sistem mampu menginformasikan saluran-saluran cabang dalam kondisi lock-out pada operator.

17. Attendant Secrecy
Operator dapat berbicara secara terpisah dengan pemanggil atau yang dipanggil. Pemisahan terjadi saat operator menghubungi nomor yang dituju, sampai operator mengalihkan panggilan masuk tersebut ke nomor tujannya.

18. Call Hold
Operator mampu menempatkan untuk sementara waktu panggilan yang masuk dalam kondisi "hold" dengan menekan satu tombol saja dan berhubungan kembali dengan menekan tombol yang sama.

19. Call Queuing
- PABX mampu menempatkan panggilan masuk (baik external maupun internal) yang dituju pada console dalam antrian.
- Panggilan-panggilan dapat disimpan sesuai dengan urutannya.
- Operator mampu memilih panggilan masuk tersebut tanpa memperdulikan urutannya.

20. Console Administration
Sistem memungkinkan diadakannya perubahan-perubahan pada nomor dan fasilitas saluran-saluran cabang melalui console.

21. Console Overflow
Operator console dapat mengalihkan panggilan tertentu ke saluran cabang tertentu pula dengan menekan sebuah tombol atau ketika panggilan masuk tidak dijawab operator setelah selang waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

22. Interposition Calling
Sistem memungkinkan seorang operator pada satu console memanggil dan memindahkan panggilan masuk yang telah dijawabnya, ke operator lain pada console yang berbeda.

23. Position Busy
Fasilitas ini memungkinkan seorang operator membuat consolenya tampak "sibuk" dan mencegah Sistem PABX menujukan panggilan masuk pada console tersebut. Jika semua console dianggap "sibuk", sistem harus dapat masuk ke mode night service secara otomatis.

24. Trunk Group Busy Indication
Operator Console mempunyai indikator yang menunjukkan bahwa saluran-saluran induk dalam kelompok saluran induk tertentu dalam keadaan sibuk.

25. Recorded Overflow Announcement
- Sistem dilengkapi dengan digital recorder/announcer yang akan menangkap dan menjawab semua panggilan yang masuk ke operator, tetapi tidak dijawab setelah selang waktu tertentu dan akan beroperasi dengan cara berikut :
- Semua panggilan masuk bila terlambat dijawab oleh operator console untuk selang waktu 20 detik (dapat diprogram) harus langsung dihubungkan dengan digital recorder/announcer.
- Bila panggilan masuk dijawab oleh operator ketika sedang mendengarkan digital recorder/announcer, sistem akan segera mengalihkan panggilan itu ke operator.
- Jika panggilan masih tidak dijawab oleh operator setelah mendengar pemberitahuan dari digital recorder/announcer, maka bagi si penelpon akan diperdengarkan musik sampai operator menjawabnya.

26. Supervisory Consol
Sistem memungkinkan satu attendant menjadi pengawas dalam grupnya untuk :
- Memonitor jumlah attendant yang aktif.
- Memonitor jumlah dan tipe panggilan yang menunggu untuk dijawab.
- Mendengarkan pembicaraan tanpa diketahui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. Silahkan berikan saran dan pertanyaan di kolom berikut ini.